Jumat, 30 September 2011

Bahaya Kejenuhan

Jenuh atau bosan?? adalah hal yang setiap orang pasti pernah rasakan. Tidak hanya dalam perkara kecil, dalam tiap perkara besar dalam hidup kita rasa jenuh bisa dengan mudah menyerang. Namun disadari atau tidak rasa jenuh yang menyerang bila tidak dikontrol bisa menimbukan kerugian.


 Menunggu sesuatu yang sangat lama atau terjebak dalam situasi yang terasa mengikat diri dan waktu kita merupakan pemicu terbesar rasa jenuh atau  bosan. Sayangnya rasa bosan tidak menyerang dalam kegiatan kecil dalam hidup kita, banyak pasangan memutuskan ikatan hubungan mereka karena dipicu rasa bosan. Banyak pula orang yang menyerah dalam usaha mereka karena dihinggapi rasa jenuh akan hasil yang tak tampak hadir. Tahukah anda? Semua keputusan itu diambil dengan mengorbankan semua upaya dan waktu anda dalam membina apa yang sudah kita perjuangkan sebelumnya hanya karena anda tidak mampu mengontrol diri kita.

Rasa bosan muncul oleh perkara kecil dan dengan perlahan dan bila kita tidak mampu mengontrolnya maka dengan mudah kita akan dikuasainya. Maka sebelum kita kehilangan semua yang telah kita diperjuangkan kita harus mampu mengatasinya.
Cara mengatasi kebosanan
  • Mengingat tujuan akhir kita. Dengan memngingat apa tujuan kita akan apa yang kita lakukan akan memotivasi kita untuk terus melangkah dan menghindarkan diri dari kebosanan
  • Menghitung semua yang telah kita korbankan. Mengingat kembali semua perjuangan kita dan apa pengorbanan yang kita lakukan akan membuat kita merasa sayang untuk melepaskan apa yang kita perjuangkan.
  • Merefresh. beristirahat sejenak untuk menyegarkan pikirkan hingga dan mengumpulkan semua energi lagi akan mampu mengalahkan kebosanan yang bisa membuat kita berhenti untuk berjuang
  • Berinovasi. Lepas dari rutinitas dan membuat cara baru dalam menjalani suatu hubungan atau usaha yang kita lakukan mampu menghindarakan kita dari kebosanan.
Dalam hidup kita ada 3 hal yang tidak mampu kembali yaitu kata yang telah terucap, waktu yang telah terlewati, dan tindakan yang telah kita lakukan. Menyerah karena rasa bosan akan membuang 3 hal tersebut yang telah kita perjuangkan yang tidak mampu kembali lagi. Semoga kita selalu menjadi orang yang bijak dalam menentukan pilihan bukan didasari oleh emosi sesaat.

Bosan yang dianjurkan:
  • Bosan untuk selalu menyerah dan putus asa
  • Bosan mengeluh tanpa melakukan apa-apa
  • Bosan gagal mewujudkan apa yang kita cita-citakan
  • Bosan kalah dengan diri kita
  • ....
  • ....


Terima Kasih telah membaca tulisan saya. Mohon meninggalkan komentar untuk kualitas penulisan selanjutnya.

2 komentar:

Admin mengatakan...

yg plg jenuh itu adalah menunggu..
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

ANdir mengatakan...

paling bosan jika yang terjadi itu2 saja...

Posting Komentar