Sabtu, 21 Januari 2012

Gendut, Siapa Takut???

Memiliki badan gendut??  Seolah menjadi mimpi buruk dan momok menakutkan bagi semua wanita. Ketika hal itu terjadi kita akan mulai sibuk untuk membelah tubuh kita jadi dua (memperkurus) dan mulai akrab dengan stress karena kegagalan yang kita dapatkan. Bahkan, bumi terasa sesak dan tidak ada tempat untuk menyembunyikan diri kita. Waitt… kenapa kita harus menyembunyikan diri??


Kenapa orang takut menjadi  gendut??
Kita semua akan rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah hanya untuk membuat tubuh kita mengecil. Tidak jarang banyak yang menyiksa diri mereka bahkan hingga terkena penyakit anoreksia hanya demi mendapat tubuh kecil.
Orang takut menjadi gendut karena 2 hal.
  1. 1.    Gendut itu tidak cantik.

Orang takut menjadi gendut karena takut terlihat jelek. Wajar, semua orang berpikir demikian. Setiap hari pemahaman tentang orang gendut itu jelek dijejalkan dalam otak kita. Tidak sedikit orang gendut akan menjadi bahan ejekan bagi teman-teman dan orang –orang disekitarnya. Dan parahnya hal itu diperkuat setiap harinya dalam acara televisi yang kita lihat.

Dalam semua tayangan televisi dan iklan yang setiap hari melintas di layar televisi jarang sekali pemeran utama adalah orang yang gendut, melainkan selalu menampilkan sosok yang kurus. Orang gendut dalam iklan akan menjadi obyek untuk segala sesuatu yang buruk (bukan hanya untuk iklan obat pelangsing) dan orang langsing akan menjadi pemeran utama yang baik. Contohnya dalam sebuah iklan provider terdapat 2 orang perempuan yang kurus menggunakan provider iklan tersebut dan mendapat keuntungan karena eksis di facebook sedangkan yang gendut menjadi orang yang tidak menggunakan iklan tersebut ( Like This, Yo!!!) . Dengan setiap hari menyaksikan itu tentu dengan sendirinya akan menimbulkan paradigma dalam diri kita gendut itu jelek.

  1. 2.      Gendut itu tidak sehat

Tubuh gendut selalu diidentikkan dengan lemak yang menumpuk dan menutup sebagian besar tubuh kita sehingga orang gendut akan dianggap tidak sehat karena lemak akan mempengaruhi kerja organ tubuh kita. Belum lagi sakit jantung dan kolesterol yang selalu diidentikkan dengan orang gendut.

Hal tersebut diatas akan membuat kita berusaha dengan sangat keras untuk memperkecil tubuh kita namun tahukah anda bahwa tidak ada yang salah menjadi orang gendut..


1.      Gendut itu cantik
Paradigma bahwa gendut itu jelek memang selalu dipaksakan tiap hari ditelan otak kita oleh lingkungan. Namun kitalah pemegang control atas apa yang kita pikirkan. Tidak perlu minder!!! Buang pemahaman itu dan tanamkan dalam diri kita bahwa menjadi gendut itu cantik.

Kecantikan seseorang bukan hanya terlihat dari fisik gendut atau kurusnya diri seseorang. Melainkan kecantikan akan mampu terpancar bila kita mampu menghargai dan mencintai diri kita sendiri,. Jika  kita tidak bisa menghargai diri kita sendiri maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama. So,, Hargai diri anda,, cintai diri anda,, Percaya diri, Rias diri anda secantik mungkin dan perlakukan diri anda layaknya putri,  maka kecantikan akan terpancar dari diri anda.

2.      Tidak selamanya orang Kurus lebih sehat dari orang gendut
Memang dengan tubuh gendut akan rawan dari berbagai macam penyakit seperti kolesterol  dan jantung. Namun tidak sedikit pula orang kurus yang mengalami penyakit jantung dan kolesterol. Penyakit bukan ditentukan oleh bentuk tubuh namun dari kebiasaan dan pola hidup yang kita lakukan. Berubahlah menjadi sehat bukan menjadi kurus. Atur pola hidup anda, olahraga dan makanan untuk kesehatan anda bukan untuk terlihat kurus. Karena kurus tidak menjamin anda menjadi Sehat..

Cintai diri anda,, Hargai diri anda maka anda akan tetap cantik meski gendut. Jangan pernah lagi anda bersembunyi karena anda gendut


Terima Kasih telah membaca tulisan saya. Mohon meninggalkan komentar untuk kualitas penulisan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar