Senin, 23 Januari 2012

Bingung Gemuk Atau Kurus?? Ini Cara Menghitungnya

Kurus atau gemuk ya?? Jalan-jalan di mall bertemu teman lama dengan spontan berkata "tambah gemuk ya sekarang?" upss,,, sontak saja rasanya kaya kita dalam sekejab berubah jadi siluman gajah yang sudah habis masa aktifnya kembali ke wujud asli tanpa kita sadari. N seketika rasanya ke-PDan kita seolah dihisap dementor (penggemar berat Harry Potter)


Pasti setelah kejadian itu akan buat kita segera berlari ke kaca memandang tubuh yang katanya temen kita udah melar tapi menurut kita tidak (tidak sadar mode on) dengan bertanya-tanya "bener gak ya tambah gemuk?" Tanya keluarga katanya g, tanya temen dekat yang tiap hari ketemu di bilang biasa aja. Jadi bingung..

Tapi daripada bingung mending dihitung aja sesuai BMI Cara untuk menghitung nilai indeks massa tubuh berdasarkan nilai tinggi dan berat badan yang dimiliki. Perhitungan ini berlaku sama untuk laki-laki maupun perempuan.

Cara menghitungnya seperti ini: 
Tinggi badan (M) X Tinggi badan (M). Lalu  berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi hasil kudrat dari tinggi badan tersebut.

Misalnya seseorang perempuan berusia 30 tahun memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 160 cm (1,6 meter). Cara menghitungnya pertama kali mengkuadratkan tinggi badan 1,6 X 1,6 hasilnya 2,56. Lalu  berat badan dibagi hasil perkalian dari tinggi badan yaitu 60 : 2,56 hasilnya 23,43. Berarti nilai BMI dari perempuan tersebut sebesar 23,43 dan masuk ke dalam kelompok ideal/normal.

Kategori BMI adalah:
1. Nilai indeks massa tubuh kurang dari 19 tergolong ke dalam kelompok kurus.
2. Nilai 19-24,9 masuk ke dalam kelompok ideal.
3. Nilai antara 25-29,9 masuk kelompok kelebihan berat badan (gemuk).
4. Jika mencapai nilai 30 atau lebih maka orang tersebut masuk ke dalam kelompok obesitas.

Udah g bingung lagi kan menentukan berat badan kita kurus atau tidak??? Berat badan ideal adalah normal jadi bila sudah tergolong normal g usah bingung untuk diet karena akan mengganggu kesehatan.

Terima Kasih telah membaca tulisan saya. Mohon meninggalkan komentar untuk kualitas penulisan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar